kisah kasih bersama nyamuk

Standard

Dulu, senior di kantor gw pernah bilang: dua hal yang paling menguras tenaga maupun pikiran seputar kehidupan  rumah (tangga) itu adalah anak dan pembantu.

Sekarang, so far, setelah setahun lebih serius jadi ibu rumah tangga, yang paling bikin pusing (selain 2.983 masalah lainnya) adalah masalah pembantu dan…. NYAMUK!! Kalo pembantu ngga usah dibahas kali yee, malesin. Dan kalo nyamuk, OMG mereka Literally mati satu tumbuh 1.300 yaa!!

Gw pengen share penangkal / pembunuh nyamuk apa aja yang udah pernah gw pake demi menghilangkan nyamuk-nyamuk dirumah. Jadi kalo gw denger ada yang bilang “wah gw pake metode pembasmian A ampuh lho”, cih! Maap ye, aku tak percaya!

Sebelum ada Andra, entah kenapa adanya nyamuk dirumah ngga masalah buat gw. Karna gampang aja, semprot Baygon trus kalo ngga ampuh juga ya oles Autan aje, beres. Lagian digigit nyamuk ngga bikin gw kebangun dan rewel atau bentol keesokan harinya. Tapi sejak ada Andra, apalagi pas dia masih bayi, semua metode pembasmian kudu EXTRA hati-hati.

1)      Kelambu. Anaknya suka muter-muter jadi nabrak kiri-kanan. Pas mau nyusuin susah. Baru umur sebulan udah ngga muat, Andra tinggi soalnya. Ada juga tu yang jual kelambu buat satu kasur, dari size single sampe KingSize bed jadi kaya’ tenda modelnya, tapi gw sih ogah pake gituan, selain mehong, ribet juga kalo bangun malem entah mau ke toilet ato ganti2 diaper. GAGAL

2)      Bugslock. Sempet happening banget di dunia perdagangan online. Bentuknya kaya’ GG (Gelang Gaul) tapi buat bayi, dipake di pergelangan tangan atau kaki, atau ditaro aja deket bayinya. Gelang ini mengeluarkan bau yang konon nyamuk ngga suka = bau sirih. Tapi kaya’nya nyamuk ngga ngeh-ngeh amat sama gelang ini. GAGAL

3)      Uap minyak sereh. Metodenya sama kaya uap minyak kayu putih pas anak pilek/batuk. Jadi taro air panas mendidih di baskom, trus tetesin minyak sereh, jadi kamar dipenuhi uap & bau sereh deh. Minyak sereh gw beli di apotik, harganya less than goceng. Mungkin nyamuk ngga betah di kamar, tapi masalahnya gw juga ga betah di kamar, bau nenek-nenek banget, menyengat pulak. GAGAL

4)      Anti nyamuk listrik v1.0 pake lampu biru kaya anti laler di resto. nyamuk bahkan ngga ngeh ada beginian dirumah. GAGAL

5)      Anti nyamuk listrik v2.0 pake lampu LED biru keluaran terbaru dari Ace Hardware, lebih canggih dari yang ‘black hole’ kalo kata salesnya. GAGAL

6)      Force magic. Mulai dipake sejak Andra 1tahun+, pas lagi sehat walafiat (lagi ngga batuk/pilek), kalo nyamuknya parah banget, dan ngga boleh masuk kamar sampe sejam setelah disemprot, kalo kata dokter sih sebaiknya 3jam setelah semprot baru boleh masuk kamar. Gw paling ngga ikhlas sama metode ini. Udah ngeracunin kamar (walopun katanya ini paling “ramah”), nyamuknya ngga mati pulak, cuma pengsan doang  -_-

7)      Sticker anti-nyamuk. Sama kaya Bugslock sistemnya, tapi bau Citronella. GAGAL

8)      Anti nyamuk gelombang suara v1.0. Gw yang pengang dengernya, sepertinya salah stel gelombang ni yang bikin, nyampe di kuping gw. GAGAL

9)      Anti nyamuk gelombang suara v2.0. Menurut gw sih ngga ngaruh, tapi bapakke Andra bilang ngaruh. So,… gagal *bisisk-bisik*

10)   Expanda diseluruh kusen pintu, ples kawat nyamuk di semua jendela kamar mandi & lubang angin. Kaya’nya tu nyamuk-nyamuk kalo badannya disempil-sempil masih tembus deh lobang kawat nyamuknya -_- karna rumah gw udah ngga ada akses masuk tapi nyamuknya masih banyakkkk aja.

11)   Zodia. Konon menurut masGoogle, ada 4 tanaman anti/penangkal nyamuk (coba tanya sendiri ya sama si mas, gw Cuma inget 2: Lavender & Zodia). Gw beli 20 bijik yang dijadiin 10 pot. Kenapa Zodia? Karna menurut tante gw yang hobi berkebun dan tau betapa malesnya gw ngurus taneman (even cuma siram kembang sore-sore) si Zodia ini lebih tahan banting, dan batangnya kuat, ngga kaya’ Lavender yang lemes, susah berdiri, jadi butuh perhatian extra supaya bisa beraksi (#uhuk). Cara kerja Zodia adalah mengeluarkan aroma yang ngga disukai nyamuk, sehingga nyamuk ogah dateng kerumah, nah si pot-pot ini di jejerlah di depan pintu (yang udah pake expanda!!) dan di GazeboSmoking Area, dengan harapan nyamuk pada mental bagaikan drakula liat bawang putih. Tapi baunya Zodia Cuma keluar kalo ada angin atau kesenggol, kalo di papua (konon ini daerah asalnya & umum banget dipake) taneman ini di kepret-kepret kaya duit (“penglaris..penglaris..”) gitu biar keluar baunya.

Sebenernya post ini udah pengen gw bikin sejak baru pake Zodia, karna berasa ngaruh banget ngga ada nyamuk. Gw pikir sakseus berat ni taneman. Tapiiii..

Ceritanya gw kan udah pake pintu kawat nyamuk + kawat nyamuk jendela, tapi ada satu spot yang kita curiga masih jadi akses nyamuk, jadi dipasang kawat nyamuk juga. Berapa hari setelah dipasang koq nyamuknya masih banyak ya, mulailah googling lagi, ketemu tentang taneman anti nyamuk, langsung berangkat ke Ragunan beli 10 pot. NAH, malemnya nyamuk HILANG! Gw pikir sakses dong ya si taneman ini. Abis pasang kawat nyamuk, pake Zodia, ples ujan, yaeyalah ga ada nyamuk. But then, pas cuaca lagi normal… ngiuuunnggggggg… ngiuuunnggggggg…  >_< yuck fou!!

Jadi balik lagi ke metode yang dari awal banget gw pake, way before kelambu: RAKET NYAMUK!

Jam 5 sore tutup semua pintu & jendela. Jam 6 gw dan susternya Andra masing-masing pegang satu raket, and the hunting begin. CTARRRR!!! DIE YOU SUCKERRRR!!!

5 responses »

  1. Pake blackhole yang 600rb itu ampuh lho cuy, atau pake hit, hit biasa bikin tipsy nyamuk tus tinggal kita pencet2in deh.

  2. haha… lucu sekali mbak! sampe ngekek2 saya bacanya… kebetulan lagi nyari solusi. sebenernya solusi saya dulu itu adalah membuat nyamuk tidak mau menggigit saya dengan rajin minum jamu yang pahit2 dan mengurangi makan yang manis2… it worked for quite a long time! tapi setelah gak rajin minum jamu dan terpaksa makan yang manis2 (karena enak), akhirnya kembali nyamuk2 wanita itu menjajah saya! hiks..

    anyway, gara2 nyamuk, saya biasa berburu nyamuk dengan satu tangan. dan entah kenapa karena kebiasaan, bahkan saat sedang tidur, saya bisa berburu nyamuk karena saat tidur mungkin tangan refleks meremas gemas nyamuk yang bernyanyi di dekat telinga saya. buktinya, bangun2 sudah banyak darah dan bangkai nyamuk berserakan di sekitar tempat tidur..

    jadi, lebih baik pake raket yaa… baiklah! saya juga ikut pake raket. hidup raket!! *demam indonesia open cup! :p

  3. aduuh makassi ya mba.. aku juga baru punya bayi soale..mo nya nyobain barang2 di atas.. ga jadi deh 😀 tertarik sama gelang itu.. tp bingung cari review..btw makasi banyak once more..

Leave a comment